7 Wisata Kuliner Khas Surabaya

Wisata & Kuliner - Saat sedang main ke Surabaya, tentunya kamu akan langsung teringat dengan landmark patung Sura dan Baya yang terkenal. Namun, tak hanya populer dengan itu saja, di kota satu ini kamu juga bisa menemukan kuliner nikmat yang memanjakan lidah, pastinya dengan harga yang ramah di kantong.

7 Wisata Kuliner Khas Surabaya

Nah.. Penasaran kan?? ini dia 7 Wisata Kuliner Khas Surabaya yang pastinya bikin kamu ingin tinggal lebih lama lagi di Surabaya.







1. Sate Klopo

Sate Klopo

Sajian sate satu ini terbilang cukup unik, alih-alih menggunakan bumbu kacang sebagai sausnya, sate klopo justru menggunakan taburan serundeng kelapa bercita rasa gurih sebagai bumbu utamanya. Sate klopo umumnya akan disajikan bersama dengan nasi, jeruk nipis, dan irisan bawang merah.







2. Rawon Setan

Rawon Setan

Hidangan khas Surabaya terakhir yang patut kamu coba adalah rawon setan. Sajian ini terbuat dari daging sapi atau kikil sapi, taoge, kluwak, ketumbar dan gula Jawa yang dimasak hingga matang. Rawon setan akan semakin nikmat bila dinikmati bersama telur asin, bawang goreng, dan irisan timun.







3. Tahu Tek

Tahu Tek

Memiliki bahan yang kaya nutrisi, tahu tek khas Surabaya sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan. Tahu tek terdiri dari irisan tahu, kentang, taoge yang disiram dengan sambal petis. Biasanya, warga Surabaya akan menambahkan telur rebus dan kerupuk udang atau kerupuk kuning sebagai menu pelengkapnya.







4. Lontong Balap

Lontong Balap

Dikenal dengan nama yang unik, lontong balap kerap dijadikan menu sarapan favorit warga Surabaya. Hidangan lezat ini terbuat dari campuran tahu iris, taoge, dan bakwan lalu ditambahkan sambal petis, dijamin akan membuat siapa saja yang menyantapnya ketagihan. Turut disediakan pula sate kerang untuk menambah cita rasa sajian ini.







5. Semanggi

Semanggi

Sekilas hidangan satu ini sangat mirip dengan pecel dari Jawa Tengah, bedanya semanggi menggunakan rebusan daun semanggi sebagai bahan utamanya. Tak jarang kangkung dan taoge pun turut ditambahkan ke dalam hidangan ini. Dalam penyajiannya, sayur-sayuran yang telah direbus akan disiram dengan bumbu kacang. Lezat!







6. Nasi Krawu

Nasi Krawu

Hidangan khas Surabaya yang pertama adalah nasi krawu, terdiri dari nasi putih, serundeng gurih dan suwiran empal. Umumnya, nasi krawu akan disajikan di atas selembar daun pisang. Dan, untuk menyempurnakan rasanya, sambal terasi turut ditambahkan ke dalam sajian ini.







7. Rujak Cingur

Rujak Cingur

Rujak cingur merupakan hidangan yang terbuat dari campuran congor sapi, mi kuning, irisan tahu dan tempe, serta sayuran yang disiram dengan bumbu petis. Rasanya yang manis gurih akan semakin nikmat bila dipadukan dengan sambal cabai rawit dan kerupuk udang.







BACA JUGA : 7 Tempat Wisata di Surabaya

Posting Komentar

0 Komentar