7 Wisata Kuliner Khas Bangka Belitung

Wisata & Kuliner  - Tahukah Anda bila Propinsi Kepulauan Bangka Belitung terdiri dua pulau penting, yaitu Pulau Bangka serta Pulau Belitung. Jadi, bila Anda bertandang ke obyek wisata di Belitung, mampirlah di Pulau Bangka. Di Kepulauan Bangka Belitung sendiri terbagi dalam 6 Kabupaten serta 1 Kota yakni Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Beitung, Belitung Timur, serta Kota Pangkal Pinang.

7 Wisata Kuliner Khas Bangka Belitung

Di propinsi ini banyak makanan enak yang pastinya jarang-jarang Anda jumpai di Jakarta, Bandung, Surabaya, Lampung, serta kota-kota lain di Indonesia. Ini dia 7 Wisata Kuliner Khas Bangka Belitung





1. Lakse

Lakse

Jangan salah kaprah, ini bukanlah kue putu mayang, lho. Ini ialah Lakse, makanan ciri khas Bangka Belitung yang dibikin dari tepung beras. Tampilan lakse serta putu mayang memang seperti sekali. Tetapi, rasa-rasanya berlainan sebab lakse dibikin dari kombinasi tepung beras, sagu, serta santan. Diluar itu, ketidaksamaan lakse serta putu mayang terdapat pada langkah penyajiannya. Bila putu mayang diberikan dengan gula jawa cair, lakse diberikan dengan sup gangan, yaitu kuah santan yang mempunyai rasa ikan tenggiri yang enak sekali.







2. Sup Gangan

Sup Gangan

Nah, yang satu ini ialah kuah pendamping untuk melahap lakse. Ialah sup gangan yang disebut makanan yang manfaatkan ikan laut, persisnya ikan tenggiri yang masih fresh. Ikan tenggiri ini nanti akan dibuat dengan rempah-rempah, seperti lengkuas, kunyit, cabe, bawang merah, serta bawang putih. Rasa kuah ini benar-benar nikmat sebab berasa sedikit asam, pedas, serta benar-benar gurih. Tidak butuh cemas melahap sup gangan sebab bila langkah membuat telah pas, karena itu ikan tenggirinya tidak bau amis. Bila tidak ada lakse, Anda masih dapat melahap sup gangan ini dengan nasi putih.







3. Sambalingkung

Sambalingkung

Selintas penampilan sambalingkung ini seperti sekali dengan serundeng dari parutan kelapa. Namun, makanan ini benar-benar tidak memakai parutan kelapa jadi bahan intinya, tetapi memakai daging ikan tenggiri. Ya, sambalingkung ialah nama lain dari abon ikan tenggiri. Struktur abon yang satu ini berlainan dengan abon sapi yang memiliki bentuk seperti serutan cukup panjang. Rasa sambalingkung ini gurih, manis, serta sedikit asin. Ada pula yang jual sambalingkung dengan rasa pedas. Makanan ini biasa dibawa jadi oleh-oleh sebab cukup bertahan lama. Sayangnya, harga sambalingkung ini masih termasuk mahal walau Anda membelinya di Bangka Belitung.







4. Rusip

Rusip

Belum ke Bangka Belitung rasa-rasanya bila Anda belum coba sambal ciri khas yang satu ini. Rusip dapat disebutkan masuk dalam daftar makanan ciri khas Bangka Belitung sebab sambal ini seringkali dicari oleh beberapa pelancong yang bertandang ke Bangka Belitung. Berlainan dengan sambal-sambal lain yang pernah Anda coba awalnya, rusip ini dibuat dari ikan teri yang difermentasi. Ikan teri akan difermentasi sepanjang 7 hari dengan penambahan gula merah serta garam. Sesudah proses fermentasi usai, maka ditambah lagi dengan kombinasi cabe, bawang merah, serta jeruk kunci. Sambal dengan rasa asam manis ini umumnya disantap dengan lalapan atau ikan yang digoreng.







5. Pantiaw

Pantiaw

Pantiaw ialah semacam kwetiauw ala Bangka Belitung. Mie gepeng ini dibuat dari tepung beras, tetapi ada pula yang dibuat dari tepung gandum. Struktur serta rasa pantiaw ini hampir seperti dengan kwetiauw. Yang memperbedakan ialah langkah penyajiannya, dimana pantiaw tetap memakai ikan jadi topping-nya, sesaat kwetiauw dapat memakai daging ayam atau seafood. Diluar itu, kuah pantiaw sangat terasa ciri khas sebab rasa-rasanya pedas serta manis. Kuahnya benar-benar bening seperti kuah garang asam. Untuk ikannya, pantiaw biasa memakai ikan parang atau tenggiri sesuai dengan hasrat penikmatnya.







6. Kericu

kericu

Kerupuk ialah camilan atau camilan yang tentu disenangi tiap orang. Bila di Kalimantan mempunyai amplang yang disebut kerupuk memiliki bahan fundamen ikan tenggiri, di Bangka ada kericu yang memiliki bahan fundamen telur cumi-cumi serta sagu. Kerupuk yang satu ini bukan sekedar lezat, dan juga bergizi tinggi sebab beberapa bahan yang digunakannya. Telur cumi akan digabung dengan sagu, lengkuas, bawang putih, bawang merah, garam, serta beberapa bumbu yang lain. Seterusnya, adonan akan digoreng sampai kering serta renyah. Anda dapat beli kericu ini jadi oleh-oleh ciri khas Bangka Belitung. Umumnya kericu ini dikemas dalam paket dari mulai 100 gr, 250 gr, serta 500 gr. Harga sendiri beragam bergantung ukuran paket dan merek yang jual kericu ini.







7. Lempok Cempedak

Lempok Cempedak

Bila Anda kenal lempok jadi makanan ciri khas Lampung, nyatanya makanan sama dapat juga Anda temui di Bangka Belitung. Ketidaksamaan di antara lempok Lampung dengan Bangka terdapat pada bahan dasarnya. Lempok Lampung memakai bahan fundamen durian, sedang di Bangka Belitung memakai buah cempedak. Pada intinya, lempok ini ialah dodol. Walau dibuat dari buah cempedak, Lempok ciri khas Bangka Belitung ini rasa-rasanya manis serta legit, lho. Makanan ini pas dibawa pulang jadi oleh-oleh. Serta bila Anda sedang tidak ada di seputar Bangka Belitung, dodol ciri khas Bangka ini telah tersedia banyak di beberapa toko online pada harga rata-rata 65 ribu rupiah untuk ukuran 500 gr.







BACA JUGA    :   7 Tempat Wisata di Bangka Belitung

Posting Komentar

0 Komentar